Beranda > UMUM > Manfaat Dan Kerugian Media Jaringan Sosial

Manfaat Dan Kerugian Media Jaringan Sosial

Apa Itu Media Jaringan Sosial?

Media Jaringan sosial adalah media yang disediakan secara gratis dengan syarat syarat tertentu dan biasanya bersifat gratis dan online, dengan banyak fasilitas yang disediakan untuk mendukung membuat suatu jaringan, baik itu jaringan pertemanan, bisnis, fans, Mencari teman lama dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet di tanah air maupun didunia, semakin banyak pula pilihan media jaringan sosial online, sebut saja Facebook, Tagged, Frienster, myspace, bebo dan yang terakhir dan mulai naik daun adalah twitter, dan masih banyak lagi.

Dengan menjamurnya media jaringan sosial tersebut tentunya memberi dampak negatif dan positif, maka dari itu kita harus bisa menyeleksi secara dewasa jangan sampai dampak negatif lebih dominan yang pada ujungnya akan menguasai kita secara perlahan dengan ketergantungan pada media jaringan sosial tersebut.

Berikut adalah hasil analisa kami mengenai dampak negatif dan positif dari media jaringan sosial online :

DAMPAK POSITIF

1. Media Bersifat gratis
2. Memudahkan kita membentuk jaringan sosial, mulai dari teman lama, teman saat ini sampai pada teman baru.
3. Memudahkan untuk berkomunikasi satu teman dengan teman yang lain baik secara real time ataupun offline.
4. Harus Diakui bagi seorang seorang pemula dan remaja media ini sangat membantu dan mendidik terutama dalam mengenal dan mengawali dunia internet.
5. Bisa dimanfaatkan untuk media promosi/iklan dan pemberitahuan secara uptodate.
6. dan manfaat hiburan lainnya seperti komunitas, kuis, game dll yang bisa menambah pengetahuan kita tentang teknologi maupun hal umum.

DAMPAK NEGATIF

1. Menimbulkan ketergantungan.
2. Dengan fasilitas yang beragam yang disediakan media tersebut, secara tidak langsung kita dituntut untuk meluangkan waktu bahkan terkadang secara tidak sadar menghabiskan banyak waktu dengan menjadikannya prioritas utama.
3. Menciptakan dunia maya yang terkadang lebih mendoninasi daripada dunia nyata.
4. Dengan menggap kebebasan berpendapat dan berekpresi dalam Media sosial, menjadikannya media tersebut seperti privasi padahal apa yang kita informasikan bisa dilihat oleh orang lain maupun orang yang telah ada dalam daftar pertemanan kita padahal tidak kita tidak bisa menjamin orang orang tersebut sebaik yang kita inginkan.
5. Pandangan yang sebelumnya, “memanfaatkan” media tersebut, secara berlahan lahan akan berbalik kita yang “dimanfaatkan” oleh media tersebut karena media tersebut kebanyakan bergerak di dunia iklan.

demikian ulasan kami tentang Jaringan sosial dan dampaknya, dampak diatas adalah contoh kecil berdasarkan pengalaman beberapa user dan tentunya semua orang mendapati dampak/manfaat yang berbeda pula tergantung pada pengetahuan dan kedewasaan masing – masing dalam memilih dan memanfaatkannya. Seperti orang tua kita bilang “Ambil Baiknya dan Buang Buruknya” mungkin nasehat tersebut patut kita renungkan.

Kategori:UMUM
  1. Mas Paidi
    28 Januari 2010 pukul 05:27

    Mohon ijin mengamankan posisi pertama!
    Salam kenal buat anda.
    Sukses slalu dengan tulisanya.
    Jabat erat slalu dari bloger baru.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar